Saturday, June 15, 2019

Penggalaman Menggunakan Aplikasi Otentikasi Taspen di Android [2019]

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Otentikasi Taspen di Android - Apakah kalian pernah mendengar tentang aplikasi yang satu ini?. Aplikasi Otentikasi Taspen adalah aplikasi yang dibuat untuk membantu para pensiunan untuk memverifikasi kehadiran dan membuka blokir pensiunan tanpa harus datang ke bank atau kantor taspen. Aplikasi ini mungkin tidak familiar apabila kalian tidak memiliki keluarga yang berstatus pensiunan PNS. Namun, bagi mereka yang memiliki anggota keluarga yang sudah pensiun pasti pihak Bank maupun Taspen pernah meberitahukan tentang fungsi aplikasi ini.

Aplikasi ini menjadi salah satu terobosan PT. Taspen untuk meningkatkan pelayanan dan kepuasan pelanggan tentang pentingnya otentikasi. Namun, aplikasi ini tidak mendapatkan sambutan yang baik dari para pelanggan. Pasalnya banyak pelanggan yang merasa kesulitan karena selalu gagal saat melakukan otentikasi.

Hal ini terjadi karena beberapa faktor, salah satunya penggunaan aplikasi. Aplikasi ini sulit digunakan karena pensiunan rata rata memiliki umur di atas 70 tahun, yang mana banyak lansia yang tidak bisa mengikuti instruksi yang ada dalam aplikasi. Aplikasi ini memiliki tiga tahap otentikasi, yaitu: otentikasi wajah, otentikasi suara dan otentikasi sidik jari. Tiga tahap ini dianggap cukup menyulitkan karena tidak semua pensiunan bisa membaca dan mendengar instruksi dengan baik saat mengikuti langkah-langkah otentikasi. Alhasil, harus ada orang yang membimbing saat melakukan otentikasi.

Faktor lain yang dialami peserta Taspen adalah tidak semua pensiunan memiliki smartphone/android yang bisa digunakan. Hal ini menyebabkan mereka harus meminjam smartphone dari anak ataupun cucu dari pensiuna. Smartphone yang digunakan juga harus memiliki spesifikasi yang cukup tinggi, contohnya: kamera depan dan belakang yang jernih dan perekam suara yang bagus. Kekuatan sinyal juga mempengaruhi penggunaan aplikasi. Tidak semua orang memiliki smartphone dengan spesifikasi yang sudah disebutkan sebelumnya, apalagi mereka yang tinggal di daerah pedesaan biasanya mempunyai sinyal smartphone yang lemah.

Faktor yang paling krusial adalah tingkat keberhasilan otentikasi yang rendah. Banyak pengguna aplikasi ini yang mengeluh di kolom komentar Playstore karena mereka gagal saat melakukan otentifikasi. hal ini dipengaruhi oleh spesifikasi hp dan tata cara saat melakukan otentifikasi. otentifikasi akan berhasil jika kita memenuhi 2 dari 3 langkah yang ada di aplikasi. Kesalahan sangat rawan terjadi disetiap langkah. Pada verifikasi wajah biasanya pensiunan salah saat mengikuti instruksi, saat verifikasi suara biasanya mereka salah saat membaca angka, dan saat verifikasi sidik jari biasanya mereka mereka kesulitan untuk mendapatkan skor tinggi.

Itulah pengalaman penulis saat menggunakan aplikasi ini. Memang sulit tapi pasti ada cara untuk bisa lolos otentikasi taspen. Baca langkah-langkahnya DISINI. Semoga kalian yang belum bisa segera berhasil, jika masih belum bisa, langsung saja kunjungi bank mitra taspen untuk melakukan otentikasi manual. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

No comments:
Write komentar

Labels