Sunday, September 22, 2019

Cara Optimalisasi Memori Internal dengan Menghapus File Msgstore Whatsaap


Space yang ada di memori internal sangatlah mempengaruhi kinerja HP android. Sebagian space yang ada di Penyimpanan internal digunakan untuk menjalankan sistem oprasi android. Biasanya, memori internal menyisakan separuh space yang bisa kita gunakan untuk menyimpan file yang lain. Jika space memori internal hampir habis, maka kinerja HP android kalian akan menurun. Hal ini menjadi salah satu faktor dari HP mejadi berat atau yang lebih dikenal dengan lemot.

Untuk mengatasi masalah penyimpanan internal, kita bisa melakukan pembersihan dengan cara menghapus file yang tidak dibutuhkan. Kita bisa menghapus file besar seperti video atau aplikasi yang sudah tidak digunakan. Namun, semakin lama kita menggunakan HP semakin banyak pula file otomatis yang dibuat oleh aplikasi yang mengakibatkan penuhnya memori internal.

Salah satu aplikasi yang membutuhkan banyak mermori adalah Whatsapp. Aplikasi ini sangat populer di indonesia. Sebagian besar kaum milenial di indonesia menggunakan aplikasi ini untuk berkomunikasi dan berbagi informasi. Penggunaan yang rutin membuat aplikasi ini menumpuk banyak file yang tidak digunakan. Aplikasi ini sering menyebabkan HP lemot khususnya pengguna android dengan internal 4 GB dan 8 GB.

Dalam folder Whatsapp yang ada di penyimpana internal, kita bisa menemukan file besar yang muncul dengan sendirinya. File ini adalah Msgstore.db.cript12. File ini biasanya memiliki ukuran yang berbeda mulai dari 50 MB hingga 200 MB untuk setiap filenya. Kalian umumnya akan menemukan 6 hingga 7 file Msgstore yang ada di folder database whatsaap. Banyak pengguna Whatsapp takut untuk mengotak-atik file yang satu ini. Faktanya, file ini tidak berresiko jika dihapus. Mgstore adalah file yang muncul secara otomatis untuk mem-backup chat Whatsapp di internal. Setelah satu minggu file lama akan kadaluarsa / expired dan digantikan dengan file backup yang baru. Pada artikel kali ini, penulis akan membagikan cara optimalisasi memori internal dengan menghapus file Msgstore Whatsaap.



Steps:
                                           
1. Lihat riwayat chat yang ada di aplikasi Whatsapp untuk memastikan bahwa chat tidak terhapus.
2. Masuk ke Penyimpanan Internal dan cari folder Whatsaap.

3. Selanjutnya, pilih folder Database. Kalian akan menemukan file Msgstore.
4. Setelah itu pilih semua file dan hapus file tersebut.

5. Cek kembali apakah ada riwayat chat yang hilang di Whatsapp. Jika kalian mengikuti langkah di atas dengan benar, tidak ada riwayat chat dan status yang terhapus.

6. Selesai.

Menghapus file Msgstore akan membantu HP kalian untuk mengoptimalkan kinerja android dalam jangka waktu yang relatif singkat, karena file ini akan selalu muncul secara otomatis sebagai backup chat yang ada di Whatsapp. Sekian tutorial cara optimalisasi memori internal dengan menghapus file Msgstore Whatsaap. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

3 comments:
Write komentar
  1. mohon maaf, apakah dengan menghapus file msgstore tersebut chat yang sudah lama dihapus tidak bisa kita kembalikan?

    ReplyDelete
  2. Kak.. bagaimana cara mengembalikan file msgstore yg telah dihapus kak?

    ReplyDelete

Labels