Saturday, November 9, 2019

4 Kesalahan Yang Paling Umum Dilakukan Saat Mengajukan Pinjaman Online

4 Kesalahan Yang Paling Umum Dilakukan Saat Mengajukan Pinjaman Online – Apa kalian pernah menemukan iklan seperti ini, “Dapatkan pinjaman 20 Juta rupiah cepat, hanya lima menit dengan KTP saja”, apa kalia percaya dengan iklan itu?, jika YA. Kalian mungkin belum pernah berurusan dengan pinjaman online.

Ada banyak iklan pinjaman online yang sangat mengiurkan yang bisa kita temukan dengan mudah si social media dan di internet. Para viewer yang belum paham, pasti berpikir jika mereka bisa mendapatkan pinjaman seperti yang tertuliskan di iklan. Tapi, hal itu hanyalah janji semu semata. Tidak ada aplikasi Pinjol yang akan memberikan pinjaman yang sangat besar jika baru saja mendaftar di aplikasi. Jika tidak hati-hati kalian malah akan rugi saat mendaftar, jika expektasi tidak sesuai dengan realita yang kalian inginkan.

Karena banyak orang yang belum paham dengan sistem pinjaman online, maka banyak dari mereka yang terlanjur terjerumus kedalam linkaran hutang tanpa menyadar resiko yang dihadapi. Berikut 4 Kesalahan Yang Paling Umum Dilakukan Saat Mengajukan Pinjaman Online.

Baca juga: Cara Tepat Untuk Menggunakan Pinjaman Online

1. Langsung Mendaftar Tanpa Melihat Syarat dan Ketentuan

Salah satu kesalahan paling umum saat menginstal aplikasi adalah langsung menekan tombol ijinkan. Banyak pengguna aplikasi yang kadang tidak sadar jika pemberitahuan ini adalah salah satu cara agar aplikasi bisa mengakses semua kontak dan file yang ada dalam perangkat handphone.

Saat mengijinkan aplikasi untuk mengakses handphone. Pihak pinjaman online akan memiliki akses untuk melihat kontak dan foto yang ada di dalam perangkat kita. Jadi jangan terkejut jika pihak aplikasi pinjaman online bisa menelfon semua kontak yang ada di HP kalian atau mempunyai beberapa foto pribadi yang kalian simpan di HP.

2. Tidak Mencari Informasi Sebelum Mengajukan Pinjaman

Mencari informasi adalah hal yang penting saat melakukan sesuatu yang berhubungan dengan uang. Jika tidak hati hati, kita bisa kehilangan uang yang kita miliki dengan mudah. Saat melakukan pinjaman online, banyak pengguna yang tidak membaca biaya administrasi, bunga, dan denda yang diberikan oleh pihak pinjaman online. Hal ini kadang membuat terkejut peminjam karena uang yang harus dikembalikan kadang jauh lebih besar dibandingkan dengan pinjaman yang didapat.

Kurangnya informasi tentang aplikasi, kadang juga membuat pengguna asal-asalan saat memilih aplikasi pinjaman online yang ada di playstore. Jika jarang membaca review dari pengguna aplikasi yang lain, bisa jadi kalian mendapatkan aplikasi yang sering mengalami masalah saat penyaluran dan pelunasan hutang.

3. Tidak Mengerti Limit Pinjaman Yang Bisa Didapatkan

Pengguna aplikasi yang masih awam, banyak yang berpikir bahwa mereka bisa memnjam uang dengan jumlah paling besar dan tenor yang paling lama. Pemikiran seperti ini adalah hal yang keliru karena iklan dari pinjaman online hanya menggunakan angka yang besar agar banyak orang yang tertarik untuk meminjam di aplikasi tersebut.

Bagi pengguna awal, biasanya kita akan mendapatkan pinjaman sebesar 500 ribu rupiah dalam jangka waktu 15 atau 30 hari. Limit yang bisa dipinjam akan bertambah besar jika kita membayar pinjaman tepat waktu. Jadi butuh berbulan bulan untuk mendapatkan pinjaman dengan limit yang paling besar dan tenor yang paling lama.

4. Mendaftar Pinjaman Online ke Orang yang Tidak Dikenal (Tidak Menggunakan Aplikasi Sendiri)

Ada banyak modus dan penipuan yang muncul mengatasnamakan pinjaman online. Kita bisa menemukan beberapa orang yang mencoba menawarkan untuk meminjamkan uang melalui jasa pinjaman yang ditawarkan melalui sms atau media social. 

Jenis pinjaman yang satu ini sangatlah rawan akan penipuan. Jika ada yang menawarkan melalui inbox atau DM sebaiknya dihindari. Tidak ada pinjaman online yang meminta deposit terlebih dahulu. Jenis pinjaman seperti ini akan sangat rawan, karena mereka akan menghilang setelah kalian mentransfer dana deposit.

Sekian untuk artikel kali ini, jangan pernah meminjam uang untuk kebutuhan pribadi semata. Pastikan untuk menjauhi hal-hal yang bisa merugikan diri sendiri. Terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

No comments:
Write komentar

Labels