Thursday, August 1, 2019

Diskon Beneran atau Bohongan? Ciri-Ciri Penipuan Promo HP Murah yang Harus Kita Hindari



Siapa yang tidak tergiur jika menemukan promosi diskon HP besar-besaran dengan harga yang sangat murah?. Semua orang pasti akan tertarik untuk membeli HP dari mereka. Tapi, taukah kalian jika jual beli online sangat rawan penipuan. Semua jenis jual beli online yang dijalankan perorangan tanpa perantara aplikasi resmi, memiliki kemungkinan besar terjadinya penipuan. Maka dari itu, kita harus waspada dalam melakukan transaksi di jual beli online.

Ada banyak media sosial yang digunakan masyarakat Indonesia. Media sosial ini dimanfaatkan oleh oknum penjual HP untuk menipu para pembeli HP yang masih amatir dan lemah mentalnya terhadap harga hp yang murah. Baca juga Gejala-Gejala Pembeli yang Menjadi Awal Mula Tertipu Diskon HP Online. Media sosial yang banyak digunakan untuk mempromosikan HP murah adalah Facebook dan Instagram. Media sosial yang sangat mudah digunakan ini, membuat banyak oknum bermunculan dan mencoba mencari mangsa di kalangan milenial muda.

Kita harus selalu waspada menjernihkan pikiran saat ingin membeli HP dengan harga murah. Kata-kata indah dan manis yang ditulis oleh oknum penjual HP, sudah dirangkai sedemikian rupa agar kita terhipnotis saat membaca promo yang diberikan. Saat kita melakukan komunikasi privat biasanya kita akan dibuat tidak nyaman untuk menolak penawaran yang sudah diberikan. Berikut beberapa ciri-ciri penipuan promo HP murah yang harus kita hindari.

1. Harga Tidak Masuk Akal
Untuk menarik minat pembeli, oknum penjual HP akan membanting harga yang akan membuat pembeli tertarik untuk membeli HP. Hal ini harus diwaspadai karena secara logika tidak ada pedagang yang mau rugi meskipun sedang melakukan cuci gudang. Harga diskon promo yang ditawarkan biasanya berkisar 5-20% dari harga normal. Diskon yang terlalu besar, mengidentikasikan bahwa oknum penjual sudah berniat untuk menipu. Cara terbaik agar tidak tertipu adalah dengan mencari dan membeli dari toko HP yang sedang mengadakan promosi di kota kalian.

2. Oknum Penjual Ingin Melaporkan ke Polisi
Selain promosi toko, kadang ada juga penjual yang mengaku jika barang berasal dari luar negeri dan tidak perlu melewati bea cukai. Hal ini digunakan sebagai alasan harga HP yang murah. Jika kalian sudah berkomunikasi, kalian biasanya akan diancam untuk dilaporkan ke polisi jika tidak mentransfer uang yang diinginkan si oknum penjual. Alhasil, bagi mereka yang mudah percaya akan langsung panik dan mentransfer uang yang diinginkan.




3. Penjelasan yang Nyaris Meyakinkan
Oknum penjual selalu selangkah lebih depan dibandingkan pembeli karena memiliki banyak pengalaman menghadapi pembeli. Disini, kita harus sangat berhati hati karena setiap oknum penjual memiliki karakter yang berbeda. Ada penjual yang terlihat tidak terlalu memaksa yang malah membuat kita makin percaya. Ada juga yang menuruti banyak permintaan pembeli saat meminta bukti barang dan testimoni pembeli yang lain. Selain itu, beberapa oknum penjual juga menggunakan nada mengancam yang membuat kita merasa tidak enak untuk membatalkan order. Semua cara dilakukan agar pembeli mentransfer uang kerekening mereka. Jadi, jangan pernah percaya jika kalian diminta untuk melakukan transfer. Cara terbaik adalah membeli HP online di aplikasi resmi.

Itulah beberapa ciri-ciri penipuan promo HP murah yang harus kita hindari. Kalian juga bisa menonton video dari channel youtube Gatgetin yang menjelaskan tentang topik yang sama di bawah ini. 


Terima kasih sudah membaca dan jangan lupa tinggalkan komentar jika ada pertanyaan maupun pendapat yang ingin kalian sampaikan. Semoga bermanfaat.

No comments:
Write komentar

Labels