Sunday, October 20, 2019

Jangan Asal Ketik, 3 Kesalahan Pengguna Internet Saat Membuat Password


Semua orang yang berselancar di internet pasti memiliki akun Email. Saat menjelajah dan menggunakan internet, banyak orang yang belum sadar pentingnya cara membuat dan menggunakan password email agar akun tidak mudah terserang hacker dan sejenisnya. Banyak orang yang tidak peduli dengan password yang mereka gunakan. Password yang sederhana dan asal-asalan akan mudah mengalami resiko keamanan.

Ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pengguna internet saat membuat dan menggunakan password saat online.

1. Pengguna internet menggunakan password yang sama untuk berbagai macam email dan media social. Jika ada password yang bocor, maka kemungkinan besar akun yang lain akan diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

2. Pengguna internet menggunakan password sederhana/pendek sehingga akun mudah untuk diretas.

3. Menyimpan password di tempat yang tidak aman bisa memicu hal hal yang tidak diinginkan. Jika kita sering menyimpan password di Komputer atau HP tanpa mengeluarkan akun. Bisa jadi aplikasi ilegal yang memiliki akses penuh untuk melihat data di Gadget bisa dengan mudah mengganti sandi yang kita punya.

Di jaman ini, banyak informasi dan data pribadi di simpan secara online. Karena sangat mudah menyimpan file di internet, kita juga harus waspada dan meningkatkan keamanan akun menjadi lebih baik lagi.

Banyaknya pengguna internet yang tidak menyadari tentang pentingnya menjaga akun, membuat banyak pihak tidak bertanggung jawab mulai melirik hal ini sebagai kesempatan untuk meretas dan melakukan pemerasan kepada pemilik akun.

Untuk mengatasi hal ini, kita harus mula mengubah sandi yang sederhana ke jenis sandi yang lebih rumit. Sebagian besar pengguna internet menggunakan sandi dengan kombinasi huruf tanpa menambahkan symbol apapun. Penggunaan simbol, angka, dan Huruf besar kecil akan membuat password menjadi lebih kuat. Buat tlah password dengan contoh seperti berikut ini

Password Lama: sandifacebook

Password Baru: SandIFacebook32#

Jagalah agar akun kalian aman dari segala ancaman. Ubah password dengan menambahkan kombinasi angka, simbol, dan Huruf besar agar sandi menjadi lebih kuat. Jangan lupa, buat tulis cadangan password dan simpan di tempat yang aman yang hanya kalian ketahui, jika kalian khawatir suatu saat akan lupa password. Pastikan Untuk Sign Out jika sudah selesai menggunakan akun. Itu saja untuk pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat.

No comments:
Write komentar

Labels