Friday, June 28, 2019

6 Tips Menjual Barang Melalui Jual-Beli Online Di Facebook



Akumautau7 - Ada banyak jalan untuk menjari rezeki. Salah satu contohnya adalah menjual barang melalui jual beli online di Facebook. Media online sangat berpengaruh di bidang ekonomi khususnya di jaman sekarang. Setiap orang bisa membuka lapak dengan menggunakan akun yang mereka punya.
 
Jual-beli online di facebook semakin lama semakin memudar. Banyak orang yang mulai beralih menggunakan aplikasi lain yang lebih terpercaya dan menjamin keamanan pembeli. Berkurangnya jumlah pembeli di facebook dikarenakan beberapa penjual menipu orang lain dengan cara menyuruh agar mentransfer terlebih dahulu dan tidak mengirimkan barang yang disepakati. Hal ini mencoreng nama baik penjual yang jujur.

Untuk mengembalikan kepercayaan pembeli, kita harus menerangkan spesifikasi barang dengan jujur. Hal ini akan memnambah kepercayaan pembeli dan mengundang pembeli yang lain untuk membeli barang kalian. Pada artikel kali ini, penulis akan membagikan tips mejual barang melalui jual beli online di Facebook.

1. Terima COD dan memberikan alamat yang jelas.


Melakukan COD atau janjian di tempat yang disepakati, bisa menjadi nilai plus penjual karena barang yang akan dibeli bisa dilihat langsung. Hal ini juga menandakan bahwa penjual serius dan tidak berniat menipu. Menyertakan alamat lengkap juga merupakan hal penting, agar pembeli percaya bahwa anda memang menjual suatu barang. Daftarka lokasi anda di google map agar lebih mudah dipantau oleh pembeli.

2. Sertakan foto anda sedang memegang barang dan kartu identitas.


Foto akan menjadi bukti kuat bahwa penjual tidak berniat untuk menipu siapapun. Hal ini juga penting bagi penjual pemula yang belum memiliki testimoni atau trek penjualan yang banyak. Dengan menampilkan foto makan pembeli akan menjadi lebih percaya.

3. Berikan diskon yang wajar.

Berikan diskon yang wajar bagi pembeli. Harga yang terlalu murah akan menimbulkan pemikiran jika anda adalah seorang penipu. Jangan cantumkan diskon lebih dari 30 persen karena, diskon yang diberikan terlalu mencurigakan. Berikan diskon lebih bika pembeli mau datang ke tempat kalian, karena hal ini lebih aman dan membuat pembeli lebih senang.

4. Memberikan DP

DP adalah uang muka yang menandakan pembeli tertarik dengan barang yang dijual. DP memiliki resiko yang besar bagi penjual karena bisa saja pembeli tidak mentransfer sisa pembayaran. Sebelum mengirim barang pastikan DP sudah diterima. Identitas dan alamat penerima juga harus jelas. Tanyakan foto pembeli dan kartu identitas untuk memastikan bahwa pembeli bukanlah penipu. Pastikan struk transfer DP asli dan bukan hasil editan karena banyak kasus pembeli mengedit struk transfer.

5. Spesifikasi yang jelas dan jujur.

Berikan keterangan spesifikasi yang jelas dan jujur agar tidak merugikan pembeli. Menyembunikan kekurangan atau minus barang akan membuat kecewa pembeli. Jika hal ini terus terjadi maka nama baik si penjual akan mulai memburuk dan yang lebih bahaya adalah penjual tidak dipercaya pembeli.

6. Jangan mudah emosi.

Pembeli memiliki hak untuk tidak membeli barang yang anda tawarkan. Jadi jangan bilang bahwa seseorang itu cerewet atau menyebalkan jika menanyakan banyak hal. Sama halnya dengan penjual, pembeli juga tidak mau tertipu. Jadi, jangan mudah emosi. Penjual juga memiliki hak untuk tidak menjual barang kepada pembeli yang terlalu berbelit-belit. Tolaklah pembeli dengan tegas dan sopan agar tidak menimbulkan salah paham.

Jual beli barang harus dilakukan dengan jujur agar kedua belah tidak dirugikan. Jangan membiasakan diri untuk menyembumbunykan kebenaran dan tidak jujur, karena semua hal itu adalah dosa. Itulah tips yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat dan tinggalkan pendapat kalian di kolom komentar.



No comments:
Write komentar

Labels