Tuesday, July 23, 2019

Jangan Sampai Tertipu! Hal-hal yang Perlu Diingat saat Mencari Kerja



Akumautau7 - Banyak orang yang mendambakan untuk bekerja di tempat yang bisa menjamin keamanan kerja dan keuangan yang stabil. Salah satu pekerjaan yang paling diidamkan pencari kerja adalah menjadi PNS. Namun, kuota yang sedikit menjadi kendala bagi pencari pekerjaan. Seribu orang berkompetisi untuk merebut satu kursi dengan berbagai cara. Sembilan ratus sembilan puluh sembilan orang yang gagal harus ikhlas dan mencari pekerjaan yang lain untuk mencari nafkah.

Setiap tahun, sekolah di Indonesia meluluskan ratusan ribu siswa yang akan melanjutkan study atau mencari pekerjaan. Jumlah lulusan yang besar ini tidak sebanding dengan lapangan pekerjaan yang bisa menyerap para fresh graduate ke setiap sektor pekerjaan. Hal ini membuat para pencari kerja memutar otak dan mencari pekerjaan sesuai kemampuan yang mereka miliki.

Media online memiliki andil besar sebagai media untuk menyalurkan informasi pekerjaan. Banyak pekerjaan yang bisa kita temukan di media online. Dengan adanya media yang sangat mudah digunakan dan bisa diakses oleh siapa saja, beberapa orang tidak bertanggung jawab memanfaatkan media ini untuk menipu para pencari kerja. Pada artikel kali ini penulis akan membagikan hal-hal yang perlu diingat saat mencari pekerjaan agar tidak dimanfaatkan oleh penipu.

1. Hati-Hati dengan postingan yang tidak jelas
Carilah informasi pekerjaan selengkap mungkin, pastikan alamat yang diberikan tidak fiktif dan dapat dikonfirmasi keberadaanya. Banyak informasi pekerjaan yang mencantumkan tempat kerja seperti, Bandung, Surabaya, Denpasar, Jakarta, dll. Jika kalian tergiur untuk merantau ke kota besar tanpa tau alamat jelas maka suatu saat kalian akan mengalami kesulitan. Apalagi keluarga yang tidak bisa mengkonfirmasi keadaan kalian jika ada hal yang buruk terjadi.

2. Jangan tergiur dengan gaji yang tidak masuk akal
Gaji yang tidak masuk akal adalah gaji yang tidak sepadan dengan pekerjaan kalian. Jika ada yang menawarkan pekerjaan dengan penghasilan 300 ribu perharinya hanya dengan menggunakan HP, kalian harus mulai waspada. Jika memang ada pekerjaan yang mudah dan bisa mendapatkan banyak uang, secara logika pemberi pekerjaan akan merekrut orang terdekat seperti keluarga, saudara, teman, dan tetangga.

3. Menahan surat surat asli
Jika kalian menemukan perusahaan yang meminta dan menaha surat-surat asli saat bekerja, maka kalian harus waspada atau menerima semua konsekuensi yang akan terjadi di masa depan. Sejatinya, menahan surat asli bukanlah hal yang umum bagi perusahaan. Beberapa perusahaan menahan surat seperti ijasah dan ktp asli, karena khawatir pekerja akan kabur tanpa alasan yang jelas. Namun, hal ini juga bisa menjadi mimpi buruk jika kalian bekerja tidak sesuai dengan kesepakatan dan gaji yang tidak dibayar. Dengan ditahannya surat asli maka kalian akan sulit untuk keluar dari perusahaan itu.

4. Membayar untuk bekerja
Membayar sebelum bekerja kadang terjadi di Indonesia. Bagaimana tidak, banyak calon pekerja yang dimintai uang administrasi dalam jumlah yang besar, contohnya: 1.000.000 - 10.000.000 rupiah. uang administrasi hingga jutaan bisa dibilang tidak masuk akal karena uang tersebut sangatlah besar. Sesulit apakah administrasi yang menyebabkan seseorang harus membayar jutaan rupiah?.  Administrasi yang mahal mungkin bisa dimaklumi jikan kalian ingin bekerja di luar negeri. Kebanyakan agen resmi TKI akan memotong biaya administrasi dari gaji setelah bekerja. Jika biaya admin masih dibawah 50.000 maka itu masih wajar. Jika lebih dari itu, maka kalian pasti sudah tau maksud dan tujuan dari pemberi pekerjaan.

5. MLM dan Sejenisnya
Jenis pekerjaan yang satu ini masih sangat marak di kalangan masyarakat. Biasanya para agen akan mencari para pencari kerja yang minim informasi dan anak sekolah yang masih tidak mengerti tentang Multi Level Marketing. Jika kalian tidak ingin terjerumus di lingkaran MLM sebaiknya jangan pernah bergabung ke pekerjaan yang satu ini. Meskipun 1 dari 100 orang bisa sukses, tapi 1 orang itu akan sukses diatas penderitaan orang lain.

itulah beberap hal yang perlu diingat saat mencari pekerjaan agar tidak dimanfaatkan oleh penipu. Tulis pendapat kalian di klom komentar. Semoga bermanfaat.

No comments:
Write komentar

Labels