Wednesday, August 21, 2019

Descriptive Text: Pengertian, Tujuan, Ciri-ciri dan Struktur Teks Beserta Contohnya Terbaru


Ada banyak jenis teks yang bisa kita temukan di dalam bahasa Inggris, yaitu, Descriptive, Narative, Report, Procedure dan jenis teks lainnya. Salah satu jenis text yang paling sederhana adalah Descriptive text. Pada artikel kali ini, penulis akan membahas tentang Pengertian, Tujuan, Ciri-ciri, Struktur, dan Contoh untuk Descriptive Text. Langsung saja Kita simak uraiannya:

1. Pengertian Teks Deskriptif (Definition of Descriptive Text)
Apa yang dimaksud dengan descriptive text?, descriptive text adalah jenis text yang menggambarkan tentang sesuatu. Descriptive text umumnya digunakan untuk menggambarkan seseorang, binatang, atau suatu objek. Jenis text ini memberikan informasi tentang gambaran umum tentang seseorang atau suatu objek. Descriptive text akan memberikan informasi yang membuat pembaca atau pendengar dapat membayangkan gambaran seseorang atau objek tertentu.

2. Ciri-Ciri Teks Deskriptif (Characteristics of Descriptive Text)
I. Descriptive Text menggunakan to be dalam bentuk (am, are, is)
II. Descriptive Text menggunakan Simple Present Tense
III. Descriptive Text menggunakan Kata Sifat (adjective)
IV. Descriptive Text berfokus menjelaskan satu orang atau objek.

3. Struktur Teks Deskriptif (Generic Structure of Descriptive Text)
Deskriptif teks terdiri dari dua bagian, yaitu Identification dan description. Dua bagian inilah yang membedakan antara descriptive text dengan jenis teks yang lain.

>Identification
Identification adalah paragraf yang berisi tentang identifikasidari orang atau objek yang akan diseskripsikan. Identification umumnya terletak di paragraf perdama dari descriptive text.

>Description
Description adalah paragraf yang berisi tentang penjelasan mengenai orang atau objek yang diseskripsikan. Pada paragraf ini, penulis Descriptive Text akan menambahkan gambaran bentuk, sifat, karakter, dan perilaku maupun hal hal yang masih berkaitan dengan topik yang diseskripsikan. Paragraf description bisa berjumlah satu atau lebih.

4. Tujuan Teks Deskriptif (Purpose of Descriptive Text)
Tujuan dari teks ini adalah untuk mengunkapkan dan menggambarkan bentuk dan karakteristik dari orang atupun objek yang dideskripsikan. Descriptife text umumnya dibuat berdasarkan apa yang dirasakan panca indra dari penulis. Hal ini membuat pendengar ataupun pembaca dapat membayangkan apa yang dilihat, didengar, dan dirasakan penulis melalui teks deskriptif yang dibuat.

5. Contoh Teks Deskriptif (Example of Descriptive Text)
Contoh teks sederhana dari Teks Deskriptif.
  • A Descriptive Text about Person (Orang/Tokoh)


Joko Widodo
Joko Widodo is a President. He is the 7th president of Indonesia. Many people known him as Jokowi. He was born on 21st 1961 in Surakarta. His wife is Iriana Joko Widodo. He has three children. Rakabuming Raka is the oldest son , Kahiyang Ayu, and Kaesang Pangarep is the youngest son.

Jokowi has thin body but he is quiet tall. He has brown skin, brown eyes, and short hair. He looks friendly because he often keeps smile to everybody. He likes to wear simple outfit especially in white shirt and black pants.

Joko Widodo is a politician and bussinessman. He was a major of Surakarta from 2005 to 2012. He also became a governor of Jakarta. He won the president election in 2014 and 2019.


No comments:
Write komentar

Labels