Friday, August 16, 2019

Gempa Tak Kunjung Berhenti, Inilah Pengertian Singkat Gempa Megathrust dan Lokasinya



Akumautau7 – Bagi masyarakat Jawa Timur dan Bali, pertengahan bulan Agustus 2019 menjadi hal yang menegangkan khususnya bagi mereka yang tinggal di pesisir pantai. Gempa dengan skala 5 SR tercatat terjadi beberapa kali diikuti dengan gempa berskala kecil. Hal ini membuat sebagian masyarakat khawatir akan ancaman gempa megathrust yang viral di media sosial.

Dengan mendengar namanya saja pasti kita berpikiran bahwa gempa jenis ini adalah gempa yang berskala sangat besar. Hal ini dapat dibenarkan, Gempa Megathrust adalah jenis gempa yang namanya berasal dari Zona Megathrust. Zona Megathrust adalah zona tumbukan antara lempeng Indo-Australia dan Eurasia.

Dikutip dari Pusat Studi Gempa Nasional (PUSGEN) menurut Peta Sumber Gempa Nasional 2017 yang diterbitkan pemerintah, ada bebrapa zona yang memiliki potensi terjadinya gempa megathrust. Di pulau Jawa, terdapat tiga lokasi yang memungkinkan terjadinya gempa megathrust, yaitu wilayah Jawa Timur-Bali, wilayah selatan perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat, dan wilayah perairah Selat Sunda.

Tiga wilayah yang ada di pulau Jawa tersebut memiliki seismic gap atau yang dikenal dengan kekosongan gempa. Kekosongan gempa ini memiliki potensi terjadinya gempa besar yang diperkirakan bisa mencapai 8-9 skala richter dan dapat menyebabkan tsunami. Proses tumbukan lempeng ini masih terus terjadi dengan laju 6-7 cm per tahun.


Yang bisa kita lakukan adalah selalu waspada den berdoa dengan adanya bencana alam. Tidak ada yang dapat memprediksi kapan dan dimana gempa dapat terjadi. Itulah Pengertian Singkat Gempa Megathrust dan Lokasinya. Semoga bermanfaat.

No comments:
Write komentar

Labels