Saturday, September 28, 2019

Jangan Klik Link Sembarangan, Resiko yang Akan Kalian Temui jika Masuk ke Link Tak Dikenal

Akumautau7 - Meng-klik link sembarangan dapat membahayakan privasi dan akun yang kita miliki. Banyak resiko yang bisa kita temui jika tergiur untuk masuk ke link yang tidak dikenal. Biasanya, pemilik link akan membuat postingan yang menjebak agar banyak orang yang tertarik untuk masuk ke link yang diposting. Beberapa contoh yg paling sering kita temui adalah link hadiah, discount, promo barang, video p**no, dll.

Setiap link jebakan memiliki tujuan yang berbeda-beda. Pemilik link akan membuat postingan jebakan sebaik mungkin agar link yang diberikan terkesan menarik. Link yang menarik dan membuat penasaran ini biasanya akan menarik banyak minat pembaca untuk masuk ke link yang diberikan.

Jika tidak hati-hati, kalian akan mengalami masalah yang rumit. Banyak macam-macam masalah yang bisa ditemui, berikut beberapa contoh masalah dan resiko yang akan kalian temui saat masuk ke link yang tidak dikenal.

1. Akun Kena Hack

Salah satu alasan mengapa akun yang kalian miliki tiba-'tiba digunakan orang lain adalah meng-klik link sembarangan. Saat masuk / sign in, kalian biasanya menemukan halaman yang meminta agar memasukkan ulang email dan password akun sosial media. Link ini biasa digunakan untuk mengecoh pengunjung dan mengambil alih akun sosial media melalui situs log in palsu.

2. Mengambil dan Mengubah File di Penyimpanan HP

Link palsu biasanya akan memunculkan pop up notifikasi yang meminta pengguna untuk memberikan izin agar pemilik link bisa mengakses perangkat kalian. Jika tidak hayi-hati, pemilik link bisa dengan mudah mengambil dan mengubah file seperti foto, video, atau dokumen yang ada di penyimpanan HP.

3. Mengakses Kamera Perangkat Kalian

Mengijinkan pemilik link dengan cara menyetujui mereka untuk mengakses kamera akan membuat privasi yang kalian miliki terganggu. Pemilik link bisa saja membuka kamera dan memantau aktifitas kalian saat sedang membawa HP secara tersembunyi.

Itulah beberapa resiko yang bisa kalian temui jika klik link sembarangan. Jadilah pengguna internet yang bijak dan selalu berhati-hati. Semoga bermanfaat.

No comments:
Write komentar

Labels