Friday, September 27, 2019

Open Q & A Blogger Pemula dan Serba-Serbi Pengalaman Menjadi Seorang Blogger hingga Monetisasi Adsense

Q and A Blogger Pemula dan Pengalaman Membuat Blog Hingga Disetujui Monetisasi - Halo viewers, pada artikel kali ini penulis akan membagikan pengalaman sebagai salah satu blogger yang sudah diterima akun adsensnya. Pasti banysk viewers yang penasaran apakah jadi blogger itu bisa auto kaya dan jadi sultan. Hehehe. Semua itu bakalan saya bahas di artikel ini. Oke, langsung saja kita mulai pembahasannya.

Awal mula saya tertarik menjadi blogger adalah saat saya menjadi salah satu penulis artikel freelance di suatu website yang menerima artikel lepas. Awalnya, saya enjoy saat menulis banyak artikel, sebagian besar artikel yang saya kirim diterima dan di publis di website mereka. Namun suatu hari, banyak artikel yang saya kirim mulai mandet/berhenti di bagian pending. Jika tidak di publis maka artikel tidak akan dibayar dan kadang harus saya buang. Artikel yang tidak diterima sangatlah mubazir jika di delete begitu saja. Nah, disini awal mula saya mencari info dan memulai membuat blog dengan domain gratisan, yaitu "blogspot.com".
Saat itu, saya baru tau jika kita bisa membuat blog tanpa harus membayar sepeserpun. Disini, saya mulai melihat harapan dan kesempatan agar bisa mengelola blog sendiri. Langsung lah saya membuat blog dengan akun gmail yang sudah ada. Awalnya saya hanya mengisi blog tanpa memikirkan apapun. Yang ada di dalam pikiran adalah "yang penting nulis artikel". Ternyata pemikiran ini adalah pemikiran yang salah. Saya mulai sadar ternyata banyak hal yang harus dilakukan agar blog bisa didatangi banyak pengunjung.

Setelah mencari banyak informasi di internet, ternyata kita perlu untuk melakukan optimasi SEO (Search Engine Optimizer) agar blog bisa ramai dengan pengunjung. Agar lebih banyak pengunjung yang datang, saya melakukan seluruh cara yang disarankan, mulai dari mengubah template, mengatur navigasi blog, mendaftar di google search console, dan lainnya.

Satu bulan kemudian, saya mulai mengajukan blog agar disetujui adsense. 2 hari setelah meminta peninjauan, ternyata adsense sudah selesai di review. Hasilnya adalah DITOLAK. Kenapa?, karena jumlah artikel yang saya post masih sedikit. Waktu itu saya hanya mempunyai 10 artikel. Setelah 1 minggu, saya mencoba untuk mengajukan peninjauan ulang adsense ternyata ditolak lagi.

Setelah saya berpikir, ternyata saya terlalu terburu-buru untuk mendapatkan monetisasi adsense. Saya mulai memperbaiki semua hal yang ada di blog dan menambah artikel. Setelah mempunyai 20 artikel saya memantapkan diri untuk mengajukan monetisasi lagi. Dan ternyata hanya butuh waktu 2 hari dan adsense langsung aktif. Senengnya itu kayak sudah gajian, padahal saldo masih IDR 0 , HEHEHE.

Oke, Itu aja pengalaman saya saat menjadi blogger pemula hingga mendapat monetisasi. Selanjutnya akan ada artikel tentang "Realita Setelah Diterima Monetisasi Adsense". Terima kasih sudah membaca, jangan lupa tinggalkan komentar jika ada pertanyaan. Semoga bermanfaat.

No comments:
Write komentar

Labels