Friday, November 15, 2019

Dituntut 170 juta dollar, Inilah Alasan mengapa Youtube Mengeluarkan Peraturan Baru


Pada bulan September tahun 2019, Youtube mendapatkan tuntutan sebesar 170 juta dollar yang jika dirupiahkan setara 2,39 triliun rupiah, karena telah melanggar privasi anak. Disebutkan jika youtube secara illegal mengumpulkan data personal dan informasi anak yang digunakan untuk menargetkan iklan pada anak-anak dibawah umur.

Dengan adanya tuntutan ini, Youtube dan Google menyetujui untuk membayar denda sebesar 170 juta dollar dan mengubah peraturan mengenai pengelolaan iklan yang ada pada setiap video di youtube. Perubahan aturan youtube akan disesuaikan menurut peraturan yang disepakati dari Children’s Online Privacy Protection Act (COPPA).

Adanya perubahan peraturan ini, menarik banyak perhatian dari kalangan youtuber atau content creator. Adanya aturan baru mengharuskan setiap pemilik channel untuk mengatur apakah video yang dibuat ditujukan untuk anak anak atau tidak. Peraturan ini akan membatasi atau meniadakan tampilan iklan pada video yang ditujukan untuk anak-anak. Beberapa fitur yang ada pada channel juga akan dinonaktifkan seperti, Kolom Komentar, Fitur Info, Layar Akhir dan Tombol Lonceng. Peraturan ini akan mulai ktif pada Januari 2020.

Jika video yang dibuat memiliki sumber penonton yang mayoritas nya adalah anak-anak, sebaiknya atur penonton video ke video khusus anak. Jika suatu saat channel ditemukan melanggar peraturan, bisa saja channel yang dimiliki akan di suspend atau dihapus dari youtube.

Menurut informasi yang sudah diinformasikan tim bantuan youtube, ada dua hal yang membuat video dianggap ditujukan untuk anak-anak;

1. Anak anak adalah penonton utama berdasarkan berbagai faktor yang adakan dijelaskan di bawah ini.

2. Anak anak bukan merupakan penonton utama, tetapi video tersebut tetap ditujukan untuk anak anak menurut beberapa factor dibawah ini.

Kalian bisa membaca faktor-faktor yang dimaksud sebagai video yang ditujukan untuk anak-anak pada artikel berikut ini Menentukan apakahkonten Anda Dibuat untuk Anak-Anak atau tidak.

Usia yang digolongkan sebagai penonton anak-anak adalah setiap orang yang berusia kurang dari 13 tahun di Amerika Serikat. Usia ini bisa saja berubah jika kita ada di negara yang berbeda. Di Indonesia, kemungkinan penonton akan digolongkan kedalam usia anak anak jika masih belum berumur 17 tahun. Jadi berhati hatilah untuk memilih pengaturan penonton dari video yang akan kalian bagikan di youtube.

Sekian untuk artikel kali ini, baca juga artikel menarik lainnya di blog ini. Terimakasih sudah membaca danemoga bermanfaat.

No comments:
Write komentar

Labels