Sunday, January 5, 2020

Tips dan Cara Mengatasi Baterai HP yang Cepat Habis atau Boros

source:freepic.com
Apakah HP kalian cepat kehabisan daya batrai?, Jika ya, kalian mungkin sedang mencari Tips dan Cara untuk Mengatas Baterai HP yang Cepat Habis atau Boros. Pada kesempatan kali ini, Akumautau7 akan membagikan Tips dan Cara untuk meminimalisir dan mengatasi baterai HP yang cepat habis.

Di jaman milenial saat ini, semua orang khususnya kaum milenial, mulai menggunakan HP sebagai alat multifungsi yang digunakan untuk lelakukan segala aktifitas. Semua kegiatan mulai digantikan dengan menggunakan smarttphone. Saat ini, kita bisa menggunakan smartphone untuk melakukan banyak hal seperti menjual barang, melakukan transaksi bank, mejual dan membeli jasa, mencaripekerjaan, dan lainnya.

Semua kegiatan itu membutuhkan smartphone yang kuat dan mumpuni. Dengan segala kesibukan yang dilakukan dengan smartphone, banyak orang yang mengalami masalah dengan baterai HP. Banyak kasus dimana baterai HP menjadi cepat habis dan boros. Untuk mengatasi hal ini kita bisa menerapkan beberapa tips berikut ini yang bisa membantu meminimalisir kerusakan yang sudah dialami baterai.

1. Kalibrasi Baterai

Kalibrasi baterai bisa menjadi solusi jika baterai yang kita gunakan mengalain daya baterai yang tiba tiba turun secara drastis. Kalibrasi akan membantu HP menyamakan daya baterai yang sesungguhnya dengan presentase baterai yang muncul di layar HP. Jika kalian menggunakan HP samsung, kalian bisa menonton video cara kalibrasi batrai di bawah ini. Perhatian “JANGAN TERLALU SERING MEMBUKA PENGATURAN SISTEM PADA HP, HAL INI BISA MENIMBULKAN KERUSAKAN LAIN YANG MUNGKIN TIDAK DIKETAHUI, GUNAKAN OPSI INI DALAM KEADAAN DARURAT SAJA”.

2. Mengubah Pengaturan Sistem Baterai

Ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki baterai yang cepat habis. Kita bisa menggunakan opsi Batery Dump yang ada pada pengaturan sistem. Banyak video dan artikel yang memberikan review jika cara ini berhasil untuk membuat baterai awet. Jika kalian pengguna HP samsung, kalian bisa menggunakan kode *#9900# untuk masuk ke pengaturan sistem. Perhatian “JANGAN TERLALU SERING MEMBUKA PENGATURAN SISTEM PADA HP, HAL INI BISA MENIMBULKAN KERUSAKAN LAIN YANG MUNGKIN TIDAK DIKETAHUI, GUNAKAN OPSI INI DALAM KEADAAN DARURAT SAJA”.

3. Jangan Menggunakan HP saat sedang DIcharge

Mencharge HP saat sedang digunakan bisa membuat baterai kebingungan saat mengisi daya. Ketika kita mencharge HP, Baterai akan menyimpan daya. Namu jika kita melakukan dua hal sekaligus yaitu Charge dan digunakan, Baterai akan menjadi lebih cepat rusak karena harus bekerja extra. Hal ini adalah faktor utama yang paling sering membuat baterai HP menjadi cepat boros. Agar kondisi baterai tidak menjadi semakin parah, sebaiknya berhenti untuk menggunakahn HP saat baterai sedang di Charge.

4. Nonaktifkan HP saat tidak digunakan

Menonaktifkan HP saat tidak akan digunakan bisa menjadi alternatif agar HP tidak selalu dalam konsisi ON. Jika baterai kalian sudah memunculkan tanda tanda boros, sebaiknya matikan HP saat hendak Tidur di malam hari. Charge HP saat dalam kondisi Off setealh kalian bangun tidur. Cara ini bisa membantu baterai HP untuk istirahat agar kinerja baterai tidak terlalu berat.

5. Ganti Charger HP dengan Produk ORI

Menggunakan charger KW dapat mempengaruhi kualitas baterai juga loh. Kadang Charger KW mwmiliki tegangan lebih besar atau lebih kecil yang bisa membuat baterai menjadi lebih cepat rusak. Jika kalian menemukan penjual charger bekas yang masih ori, hal ini bisa menjadi alternatif agar baterai bisa lebih awet. Sebelum membeli barang, pastikan untuk mencari ciri-ciri charger yang asli di internet agar tidak tertipu barang palsu.

Itulah artikel singkat tentang Tips dan Cara Mengatasi Baterai HP yang Cepat Habis atau Boros. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

No comments:
Write komentar

Labels